Rabu, 01 Juni 2011

Peta Kawasan Industri Cikarang

Cikarang merupakan salah satu pusat industri nasional dimana nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Kawasan Industri di Cikarang merupakan kawasan industri yang potensial mengingat sekitar 2.125 unit pabrik yang berasal dari 25 negara berlokasi di kawasan tersebut. Kawasan tersebut mampu menyumbang sebesar 34,46 % PMA Nasional, serta 22-45 % volume ekspor nasional. Pada tahun 2008 omset kawasan industri ini mencapai $35 milyar dan 70% diantaranya untuk pasar ekspor.

Peta kawasan industri Cikarang



Tujuh kawasan industri sudah eksis di Cikarang a.l. MM2100, Delta SIlicon I, EJIP, BIIE, Jababeka I, Jababeka II dan Delta SIlicon II. Sementara itu kawasan industri di kota Delta Mas masih dalam tahap pembangunan dan Delta Silicon II yang berada di bawah grup Lippo sedang mengalami perluasan.

Karena besarnya nilai dan volume ekspor dari kawasan ini telah muncul wacana pembangunan bandara baru di sekitar Cikarang untuk mengakomodasi arus cargo barang. Akses jalan tol dari Cikarang ke Bandara Sukarno-Hatta sudah terlalu padat sehingga mengganggu kelancaran cargo akibat seringnya terjadi kemacetan. Selain itu Pemda Kabupaten Bekasi juga sudah mulai melakukan studi kelayakan pembangunan pelabuhan di Bekasi Utara, Babelan. Pelabuhan Internasional Bekasi dirancang untuk bisa disandari kapal besar (mother vessel) dengan panjang hingga 300 meter.

Perluasan kawasan industri Delta Silicon II

(lippocikarang.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Dan Kerugian Akibat Dari Iklan Ini Merupakan Hak Anda dan Tanggung Jawab Sendiri :