Minggu, 24 Mei 2009

Merencanakan Karir Secara Tepat

Mendapat pekerjaan sesuai dengan minat dan potensi adalah anugerah. Namun, bukan berarti semua akan lancar. Ada banyak masalah yang akan dihadapi dan tantangan yang hands diatasi, karena menjalani karir adalah sebuah proses. Seorang pakar SDM mengatakan, "Orang yang berhasil pada umumnya akan melakukan analisa dan tahu apa tujuan karirnya, apa rencana serta tindakan yang diambil untuk mencapai karir yang diharapkan." Untuk membangun suatu karir yang berhasil tidak lepas dari perencanaan karir yang disusun.

Para praktisi manajemen diri menganjurkan, "Perburuan karir dimulai sepuluh tahun sebelum karir tersebut bisa kita raih." Jangan tunda lagi, segeralah rencanakan karir Anda. Karir memiliki pengertian: semua jabatan dan pekerjaan yang dilakukan seseorang selama usia kerjanya. Lalu sampai usia berapa ingin berkarir? Seumur hidup? Apakah Anda ingin menjadi long life employee atau Anda berencana membuka usaha sendiri pada usia tertentu?

Pilihlah karir yang sesuai dengan cita-cita. Pertimbangkan juga kemampuan, usia, dan ciri kepribadian Anda. Biasanya,di bawah 30 tahun seorang pekerja sering berpindah-pindah tempat kerja atau merubah profesinya, tapi Anda harus menetapkan satu bidang pekerjaan yang ingin digeluti sebelum usia 30 tahun.

Dalam bekerja dituntut kemauan untuk terus belajar, baik dari ilmu maupun kehidupan, agar ketika memasuki usia menjelang 50 tahun tetap bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan dan perkembangan zaman dalam bekerja. Ada 5 langkah yang dapat dilakukan dalam merencanakan karir. Pertama, tetapkan sasaran 5-10 tahun ke depan. Bidang pekerjaan dan posisi apa yang ingin diraih? Apa ambisi dan prioritas Anda?

Kedua, pikirkan pengembangan skill dan pengetahuan. Untuk mencapai sasaran, pikirkan skill apa lagi yang harus di pelajari? Ketiga, cari tanggung jawab yang lebih besar. Buktikan kemampuan Anda dalam mengerjakan tugas-tugas. Jadikan pengalaman hidup untuk makin matang dan dipercaya mengemban tugas tertentu.Keempat, bangun jejaring (network). Luaskan pergaulan dan relasi Anda. Kenali orang-orang yang dapat membantu meningkatkan karir Anda. Kalau perlu bergabung dalam organisasi profesional
tertentu, mills tertentu. Hadiri seminar yang dapat membangun relasi. Kelima, evaluasi kemajuan. Apa yang sudah dicapai? Susun kembali sasaran bare bila diperlukan. Dengan menyusun perencanaan kanr,
akan memudahkan Anda melakukan pengembangan karir. Rencanakan karir Anda dengan pertimbangan yang matang. (Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Dan Kerugian Akibat Dari Iklan Ini Merupakan Hak Anda dan Tanggung Jawab Sendiri :