Minggu, 24 Mei 2009

Kunci Sukses Meraih Promosi Di Tempat Kerja

Promosi merupakan perubahan pekerjaan dalam organisasi yang memberi tugas serta tanggung jawab lebih besar disertai peningkatan kompensasi. Biasanya perusahaan mempertimbangkan tiga hal sebelum menawarkan promosi: budget yang mencukupi, ada jabatan yang perlu diisi, dan kompetensi SDM.

Banyak yang menginginkan promosi, namun mereka belum siap, sehingga hanya menjadi mimpi dan menyebabkan frustrasi. Hal ini menyebabkan timbul pikiran untuk pindah. Apa yang perlu dipersiapkan agar berhasil dalam meraih promosi tersebut?

Jalin hubungan baik dengan atasan. Atasan merupakan penunjuk jalan sekaligus pembuat keputusan. Tunjukkan prestasi dengan kesungguhan dan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan. Bila diberi tambahan, selesaikan tugas tepat waktu, laporkan hasilnya, dan diskusikan. Dengan demikian, atasan akan merasa bahwa Anda bukan saja sebagai bawahan, tetapi lebih dianggap sebagai rekan kerja dalam tim yang dipimpinnya.

Ciptakan hubungan yang harmonis dengan rekan kerja. Rekan kerja merupakan faktor penentu promosi. Jalin hubungan harmonis dengan rekan. Bantu mereka jika mereka membutuhkan Anda. Hal ini akan menunjukkan kepedulian dengan sesama pekerja dan tidak mementingkan pekerjaan Anda sendiri.

Kuasai dan nikmati pekerjaan Anda. ini akan menjauhkan kita dari rasa terbebani, bahkan bisa meningkatkan keterampilan untuk bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan dalam promosi. Jangan menolak tugas dari atasan. Nikmati sebagai latihan untuk mengembangkan diri.

Ciptakan kesempatan. Pelajari kebutuhan perusahaan yang dapat meningkatkan kinerja. Kuasai bidang tersebut, diskusi dengan atasan, dan tunjukkan bahwa Anda sudah siap. Dengan demikian, Anda telah menciptakan "jabatan yang perlu diisi", dan memenuhi "kompetensi SDM ".

Sabar. Apabila semua telah Anda lakukan tetapi masih belum tampak tanda tanda promosi maka bersabarlah dan tetap lakukan aktifitas-aktifitas tersebut di atas dengan kualitas yang ditingkatkan.

Disamping mempersiapkan diri untuk mendapatkan promosi, ada beberapa hal yang perlu diingat agar Anda tidak canggung bila dipromosikan. Biasakan diri dengan membuat rencana kerja hari ini, esok dan lusa. Sehingga tingkah laku kita tidak banyak berbeda, baik ada lowongan promosi ataupun tidak. Dengan atmosfir kerja kita yang seperti itu, maka tidak ada orang yang tahu bahwa kita sebetulnya memiliki target, kebetulan target tersebut dimunculkan oleh atasan. Tentu saja dengan tidak mengabaikan pertemanan diantara teman kerja kita.

Oleh JOKE PRATILATIARSO
DOSEN POLTEK NEGERI SURABAYA ITS
DIREKTUR POLITEKNIK BANYUWANGI
MANAGER PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA SAC-ITS (klikkarir.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keuntungan Dan Kerugian Akibat Dari Iklan Ini Merupakan Hak Anda dan Tanggung Jawab Sendiri :